Thursday, August 16Berita terkini

LOGO

Salah satu logo Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) yg dibuat oleh mahasiswa IAI AL AZIS

rojanews,com – 21 April 2018. Logo, apa itu logo?

LOGO merupakan identitas yang dipergunakan untuk menggambarkan citra dan karakter suatu lembaga atau perusahaan maupun organisasi. Logo merupakan simbol yang mewakili sosok, wajah, dan eksistensi suatu perusahaan/organisasi atau produk perusahaan. Logo dapat disamakan dengan watak perusahaan/ organisasi.

Logo Ibarat Pakaian

Identitas seseorang dapat dilihat dari pakaian yang dikenakannya (manajer, eksekutif, salesman, kasir bank, seniman, office boy, dll). Pakaian dapat menunjukkan apakah pemakainya berkarakter formal, santai, modis, kurang percaya diri, berjiwa muda, dsb. Logo yang baik akan mampu mencerminkan jenis usaha yang dikelola pemilik logo tsb berdasarkan idiom-idiom grafis yang telah dikenal publik.

Logo Sebagai Marketing Tools.

Logo merupakan bagian dari marketing tools yang sangat menentukan karena logolah yang pertama kali dilihat oleh konsumen. Logo yang baik: memberi image baik. Logo yang buruk : memberi image buruk.

Fungsi Logo.

Sebagai tanda atau merek dagang, untuk mengenalkan identitas dan menyebarkan citra (Logo yang baik dapat mengidentifikasikan perusahaan, produk, jasa, organisasi, event,dll), membantu konsumen menemukan produk yang dicari.

Fungsi Logo secara internal.

Logo juga sering dipergunakan untuk membangun spirit secara internal di antara komponen yang ada dalam perusahaan. Logo yang baik dan berhasil dapat menimbulkan sugesti yang kuat, membangun kepercayaan, rasa memiliki, dan menjaga image perusahaanmpemilik logo tersebut. Logo dapat menjalin kesatuan dan solidaritas di antara anggota keluarga besar perusahaan tersebut, yang akhirnya mampu meningkatkan prestasi dan meraih sukses demi kemajuan perusahaan.

Bentuk Logo.

Logo bisa berupa  rangkaian huruf, bentuk gambar, atau gabungan huruf dan gambar. Logogram; logo yang berwujud gambar. Logotype; logo yang berupa olahan huruf. Logo yang memuat rangkaian huruf dan gambar tidak memiliki sebutan khusus.

Logo yang efektif.

Logo yang efektif adalah logo yang mudah diingat dan mampu mengekspresikan spirit perusahaan atau organisasi. John Williams (desainer Amerika); “Jika anda melihat logo selama kurang dari 10 detik kemudian anda tidak mampu mengingat dan mengambarkan logo tersebut maka kemungkinan besar logo tersebut terlalu rumit untuk diingat”.

Prinsip-prinsip desain logo.

Logo harus mampu mendeskripsikan perusahaan atau produk (describable). Jika dicetak hitam putih (tanpa warna) logo tetap efektif dan menarik (effective without colour). Logo harus simple dan mudah diingat (memorable). Dalam ukuran kecil, logo masih bisa dibaca dan dapat dikenali (scalable).

Contoh logotype;

Logo coca-cola dirancang oleh Frank Mason Robinson pada tahun 1885, dengan menggunakan huruf Spencerian script yang dipakai secara konsisten sampai sekarang

logo coca cola

 

Contoh initials.

Logo Superman. Huruf “S” sebagai inisial dari “Superman”, juga bermakna; Saving Lives, Stop Crime, dan memberi Super-Aid setiap saat dibutuhkan.

Logo Superman

 

Contoh Pictoral Visual;

 

Contoh Combination; 

 

Kekuatan yang harus dimiliki Logo.

Menarik perhatian dan memberikan kesan yang mendalam, tampak unik, merefleksikan perusahaan/organisasi. Ekonomis – biaya produksi tidak mahal (Semakin detail dan banyak warna logo akan semakin sulit direproduksi dan biayanya semakin mahal). Scalable – image logo tetap menarik dan, baik dalam ukuran raksasa (bilboard) maupun ukuran kecil (misalnya dicetak di kartu nama, ballpoint). Tampak beda dengan perusahaan lain yang sejenis. Mengikuti anjuran klasik; KISS – Keep it simple, stupid!

Penulis; Suhartono PN. Materi diambil dari mata kuliah Desain Komunikasi Visual. Prodi KPI, Kampus IAI AL AZIS, dosen Wiena Safitri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *